Tuesday 29 September 2015

Si Cantik Bunga Telang (Clittoria ternatea)


Pohon bunga telang
Bunga telang (Clittoria ternatea) merupakan jenis tanaman polong-polongan merambat yang banyak tumbuh di seluruh wilayah di Indonesia.  Bunga telang memiliki beberapa warna, diantaranya putih, biru, ungu, dan merah. Tanaman ini secara luas ditanam sebagai tanaman hias pada pagar dan tralis karena warna bunganya yang biru atau bunga putih sangat mengesankan, dan ditanam juga untuk pewarna dan pengobatan. Bunga telang banyak mengandung fitokimia seperti antosianin, flavonoid, dan saponin yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk antioksidan. Bunga telang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil (diuretik), untuk obat mata, melancarkan haid, dan obat jerawat atau bisul (antibakterial). Clittoria ternatea mengandung finotin, isolasi protein tanaman ini dengan kekayaan biosidal mampu melawan hama serangga, cendawan dan bakteri. 
Bunga telang kering
Penggunaan bunga telang sebagai obat herbal dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dari dalam dan dari luar. Cara dari dalam yaitu dengan menyeduh lima helai bunga telang kering kedalam satu gelas air hangat. Rasa air seduhan bunga telang sedikit langu, sehingga dapat ditambahkan gula dan lemon untuk menikmatinya. Cara dari luar sebagai fungsi dari antibakterial dapat dilakukan dengan menumbuk halus akar dan bunga telang kemudian dibalurkan di atas luka atau memar.

Bunga telang biru
Penyajian bunga telang hingga saat ini masih sebatas diseduh secara manual, yaitu dengan cara dikeringkan kemudian diseduh dengan air hangat. Inovasi bunga telang sangat diperlukan untuk  memudahkan konsumsi dari bunga telang tersebut, seperti membuat dalam bentuk teh herbal instan, campuran dalam pembuatan kue kering, pudding, dan produk olahan lainnya. Dibeberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand ekstrak dari bunga telang digunakan untuk pewarna nasi (blue rice). Penambahan Ekstrak bunga telang tidak mempengaruhi rasa. Warna dari bunga telang juga digunakan sebagai indikator pH (keasaman). Pada pH normal warna yang dihasilkan adalah biru, biru kehijauan pada pH basa, dan ungu pada pH asam. Manfaat ektrak bunga telang baru-baru ini juga telah dimanfaatkan sebagai shampo di Negara Thailand karena manfaatnya dalam menghitamkan rambut. 
Produk turunan dari Bunga Telang

1 comment:

  1. malam,telang keringnya menarik.. itu dibulatkan pakai apa caranya mbk

    ReplyDelete