Tuesday 22 September 2015

Dessert Sehat Kaya Serat

Setelah menyinggung asal usul dan cara pembuatan Crystal Tea Bunga Telang dan Kayu secang, sekarang kita mencoba untuk membuat produk-produk turunannya yang tentunya sehat, bermanfaat dan aman. Kombinasi antara sumber serat dan sumber antioksidan sepertinya perlu untuk dipertimbangkan ketika kita memilih makanan penutup (dessert) sebagai pelengkap dalam serangkaian prosesi makan besar. Agar-agar (karagenan) sebagai salah satu sumber serat (+/- 50%) sangat baik untuk membantu pencernaan kita agar terhindar dari masalah konstipasi (sembelit), sedangkan bunga telang dan kayu secang sebagai sumber antioksidan dan beberapa manfaat lain dalam metabolisme tubuh. 
agar-agar bunga telang dan kayu secang
Pembuatan agar-agar sehat dengan fungsi maksimal ini sangatlah mudah, kita dapat membuat sendiri dirumah sebagai makanan penutup atau cemilan sehat untuk anak-anak. Tampilan yang menarik dan rasa yang segar membantu untuk meningkatkan napsu makan "appetite" dalam mengkonsumsinya. Bahan dasarnya adalah Crystal Tea Bunga Telang dan Kayu Secang dan tentunya agar-agar bening yang dapat ditemukan dengan mudah di toko terdekat. dari warna dasar Crystal Tea merah dan biru kita dapat membuat setidaknya 6 warna baru, yaitu merah, biru, orange, kuning, ungu, dan hijau.
Step pembuatan:
1. satu bungkus agar-agar (+/- 7 g) dibagi menjadi 3 bagian sama banyak (sesuai keinginan)
2. timbang Crystal Tea Kayu Secang 30 g dan gula pasir 10 g.
3. panaskan 300 ml air minum dan satu bagian agar-agar hingga mendidih, kemudian tambahkan campuran Crystal Tea Kayu Secang dan gula pasir, aduk hingga mendidih (agar-agar instan berada dalam kondisi basa sehingga ketika dicampur warna menjadi orange. lemon dapat ditambahkan untuk mengubah warna menjadi merah dan kuning). 
4. tuang pada cetakan agar (layer 1). tunggu hingga lapisan atas sedikit mengeras
5. lakukan metode yang sama untuk Crystal Tea Bunga Telang warna hijau kebiruan, lemon ditambahkan untuk mengubah warna menjadi biru dan ungu.
6. tuang diatas layer 1 secara perlahan agar tidak tercampur
7. lakukan hal yang sama untuk layers selanjutnya 
8. masukkan dalam lemari es untuk menambah kesegaran ketika dikonsumsi. 

agar-agar kaya serat dan antioksidan siap dikonsumsi
Contact us for order
Whatsapp/ SMS +6281297004026
IG @greenindonesia_
FP GreenIndonesia

No comments:

Post a Comment