Tuesday 3 November 2015

Si Cantik Selai Buah Naga

Buah naga belakangan ini menjadi buah primadona di dunia khususnya Indonesia. Buah yang berasal dari daratan Amerika ini selain memiliki warna yang cantik dan bermacam-macam, juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah naga yang banyak dikembangkan di Indonesia adalah yang berwarna merah keunguan atau super red yang memiliki kandungan antioksidan, mineral dan vitamin yang tinggi. Kandungan kalori per 100 gram buah adalah 60 kKal, sehingga sangat cocok sebagai menu untuk program penurunan berat badan. 
Selai Buah Naga
Buah naga adalah tanaman musiman yang saat musim raya, harga buah sangat rendah. Hal ini dikarenakan banyaknya pasokan buah dari para petani dan permainan pengepul yang kebanyakan merugikan petani. Pengolahan bahan pangan mudah rusak menjadi produk-produk turunan yang tahan lama sangat membantu dalam memperbaiki harga bahan baku yang merosot tajam. Produk turunan yang dapat dibuat dari buah naga diantaranya adalah keripik buah naga, permen buah naga, sirop buah naga, selai buah naga, ice cream, roti, cookies, dan sebagainya. 
Potongan Buah Naga
Selai buah naga memiliki tekstur menyerupai selai strawberry, yaitu bening, sedikit asam, lebih encer, dan memiliki tektur biji buah.
Cara pembuatan selai buah naga:
- Kupas kulit buah, potong buah dengan ukuran yang lebih kecil
- Timbang berat daging buah
- Haluskan daging buah dengan menggunakan punggung garpu (jangan diblender karena akan merusak tekstur biji)
- Timbang gula (gula halus dengan memblender gula pasir terlebih dahulu) dengan takaran 1 kg daging buah, 0.5 kg gula.
- Tambahkan air jika diperlukan (kurang dari 25%)
- Campur seluruh bahan dalam wajan dan panaskan dengan suhu sedang.
- Tambahkan sedikit jeruk nipis untuk menciptakan kondisi asam
- Setelah mendidih, tambahkan pectin dengan cara ditabur dan diaduk dengan cepat (untuk membentuk tekstur selai yang bagus) dengan takaran 1 kg buah naga, 5-8 gram pectin. Terlalu banyak pectin akan membuat tektur selai seperti agar-agar.
- Tambahkan natrium benzoat food grade dengan takaran 1 kg buah, 1 gram na benzoat.
- Jika air telah berkurang dan tektur selai telah terbentuk, angkat dan masukkan secara hot filling kedalam jar dengan menyisakan sedikit ruang hampa udara di leher jar. Kemudian jar di tutup dan didinginkan dengan suhu ruang.

- Dalam keadaan dingin selai akan semakin mengental, sehingga pada saat mengangkat selai dari wajan kondisi selai masih sedikit cair. 







No comments:

Post a Comment