Monday 16 November 2015

Roti Mozzarella Buah Naga

Roti mozzarella buah naga
Buah naga merah sebagai salah satu komoditi unggulan Indonesia saat ini telah memasuki panen raya. Stock buah yang melimpah membuat petani kesulitan untuk mempertahankan harga buah yang merosot tajam. Masa simpan buah yang tidak terlalu lama, meningkatnya kuantitas buah yang tidak linier dengan konsumsi masyarakat, biaya transportasi yang mahal merupakan masalah-masalah lain yang dihadapi petani saat ini.
Buah naga merah (www.satujam.com)
Sedikit inovasi diharapkan dapat membantu petani dalam menstabilkan harga buah naga merah dan membantu masyarakat untuk meningkatkan gizi individu maupun rumah tangga.
Roti umumnya hanya terbuat dari tepung terigu, gula, lemak, dan air yang sangat miskin gizi namun banyak dikonsumsi masyarakat. Inovasi yang akan dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai gizi pada roti dengan penambahan buah naga merah dan ubi kuning yang kaya akan serat, mineral, vitamin, dan antioksidan.
Ubi kuning rebus

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah
-       Tepung terigu 150 gram
-       Ubi kuning rebus 75 gram
-       Buah naga merah 50 gram
-       Gula 35 gram
-       Garam 1.5 gram
-       Ragi 3 gram
-       Kuning telur 1 buah
-       Butter unsalted 25 gram
-       Bawang putih, bawang merah, lada bubuk mix 2 gram
-       Seledri/ parsley kering 1 gram
-       Keju mozzarella 20 gram
-       Keju parut 20 gram
-       Susu bubuk 5 gram
-   Air secukupnya 
Pencampuran adonan

Cara membuat (manual)
-       Campur ragi, air 30 ml, dan gula campur hingga gula larut
-       Masukkan ubi rebus yang telah dihaluskan dan kuning telur, campur hingga rata
-    Masukkan garam, tepung terigu, susu sedikit demi sedikit sembari ditambahkan butter. Adon hingga kalis, jika terlalu banyak air tambahkan tepung dan jika adonan terlalu keras tambahkan air.
-  Ciri-ciri adonan kalis yaitu jika dibentangkan adonan tidak putus dan terbentuk lapisan lilin.
-    Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan pada wadah 15 menit dengan ditutup lap basah.
-       Bagi adonan dengan berat @ 20 gram menjadi bulat lalu letakkan pada Loyang. ditambahkan bwang putih, bawang bombay, lada, dan parsley bubuk.

Adonan dalam loyang
-  Diamkan sekitar 1.5 jam suhu ruang dengan ditutup lap basah. setelah mengembang ditambahakn keju parut sebagai topping
-   Oven dengan suhu 1500C selama 20 menit atau sampai bewarna kecoklatan. angkat dan taburkan keju mozzarella parut, kemudian oven kembali selama 2 menit dan siap dinikmati selagi panas.


1 comment:

  1. How to download casino games for PC - DrmCD
    It is easy to 김제 출장샵 download the Android app without any downloading. You can download 부천 출장안마 the app on your 대전광역 출장안마 desktop 양산 출장샵 or mobile device. Download 하남 출장샵 the latest version of the game and

    ReplyDelete